♫♬

Thursday, October 24, 2013

Kau Lupa Mengajariku

Hay (teman) masalaluku. Kemana kamu selama ini? Kamu berada disini namun sulit untuk menjadi ‘satu’ lagi denganku. Hey (teman) masa laluku. Apakabarmu? Tentu baik akan tetap baik dan selalu baik bukan tanpaku? Iya kamu hebat. Bahkan lebih hebat dari petinju yang mengalahkan lawaannya. Jika mereka harus babak belur. Kau hanya cukup berbalik arah dan kau telah menjadi pemenang dalam ceritaku ini...

Aku kini hanya menerka-nerka. Aku bermain tebak-tebakan dengan takdir. Aku bercengkrama dengan banyaknya kemungkinan kemungkinan yang belum pasti atau akan terjadi nantinya. Itu semua aku lakukan tanpa ada kamu disini, seperti dulu..
Berbalik arah. Apa kamu ‘menangkap’ sesuatu dari dua kata itu? Tidak?

Ya! Begini. Kamu yang dulunya hadir di hariku. Kamu yang mengajariku banyak hal dari ini itu dan apa pun. Kamu yang membisikkan sugesti “KAMU BISA” ketika perasaanku berkata “KAMU AKAN JATUH”. Kamu yang membuat satu hal memiliki 1000 makna. Kamu membuat pandanganku “melebar” dari sisi yang (bee)rbeda. Kamu berbalik arah. Kini kamu berbalik arah! Iya ke arah yang bukan lagi arah dimana aku berjalan. Arah dimana antara aku-kamu tak mungkin menjadi kita. Arah dimana 1000 Arti yang kamu beri tadi musnah. Arah dimana sugesti tadi menjadi tak bermakna. Kamu telah berbalik arah dan tak-pedulikan-aku. KAMU MENANG! KAMU PEMENANG!! Sudah puas membiarkan aku menerka-nerka ? Apakah membiarkan ku disini dengan teka teki yang tak terpecahkan ini adalah kemenangan bagimu? :’) 

Terkaanku bisa saja benar. Terkaanku bisa saja salah. Mungkin kamu kembali mungkin juga kamu akan selamanya pergi. Mungkin aku yang kembali bahagia. Atau kamu yang mungkin akan selalu berhasil membuatku ‘sakit kepala’ memikirkan tekateki tadi.. Mari ikut aku sejenak. Mari masuk dalam dunia “masa lalu kita” (teman)...

Pertama.
Kesedihan kurasakan. Kepiluan menerka. Semua seolah membuatku jatuh. Kamu dengan penuh kasih sayang mengajariku arti kesabaran kamu beriku sejuta nasehat hingga sedih itu hilang. Tapi kamu lupa! Lupa mengajariku untuk berhenti bersedih tanpa sejuta nasehatmu itu. Hingga kini, kesedihanku makin bertumpuk.
Selanjutnya,
Air mata itu menetes begitu derasnya. Isak tangisku semakin menjadi. Kamu bertingkah konyol. Kamu berusaha hingga akhirnya aku tertawa lebih dari tangisku tadi. Tapi tak kah kamu ingat? Kamu juga lupa! Lupa mengajariku bagaimana mengusap air mataku sendiri tanpa ada kamu yang bertingkah konyol hanya untuk membuatku tertawa. Hingga tawaku kini sulit seolah tersekat oleh kesedihan yang bertumpuk tadi.
Lalu...
Kamu lupa mengajariku cara berjalan tanpa kamu disampingku.
Kamu lupa mengajariku caranya melupakan masa lalu.
Kamu lupa mengajariku cara untuk tidak bermain dengan bayangmu..
Kamu lupa mengajariku cara agar aku bisa melepaskanmu disaat kamu pergi..
Kamu juga lupa mengajariku untuk tidak menunggu kabarmu.
Kamu juga tak pernah mengajariku bagaimana berhenti menangis bila rindu denganmu.
Kamu tak pernah pula mengajariku bagaimana untuk tidak berharap kedekatan jika kejauhan mulai terasa.
Kamu lupa mengajariku bagaimana mengerti sesuatu tanpa kamu menjelaskan.
Kamu lupa mengajariku untuk tidak terus berkecimpung dengan hal yang takpasti.
Kamu tak mengajariku bagaimana tertawa sendiri tanpa ada ‘kita’ teman...
Kamu melupakan itu! Padahal kini kamu tak lagi disini, Kamu pergi dan entahlah...
Siapa lagi yang mau mengajariku ? Apakah jika ada yang mengari mereka jga akan melupakan “semua” yang kutulis tadi? Iya? Jika memang iya.. Biarlah hanya kamu yang mengajariku agar pertanyaanku tak semakin menjadi..
Kamu tak ajarkan itu semua. Tidak...
Bagaimana bisa kamu lupa mengajariku itu semua? Bagaimana bisa kamu lupa? :’(
Dulunya aku tak pernah bertanya. Ku fikir dengan tidak mengajariku hidup tanpa kamu. Kamu akan selalu disini. Ternyata tidak... Kamu hanya mengajariku berbagai hal yang harus ku lakukan denganmu. Bukan tanpamu.... Harus selama apa aku menerka-nerka?
Mungkin...
Hingga Dia ‘bertindak’ mempertemukan atau membuat kita saling melupakan satu samalain..


No comments:

Post a Comment