♫♬

Thursday, August 28, 2014

Hijrah? Mudah. Istiqomah yang Susah.

Assalamualaikum..

Benar memang. Ada fase di mana semua rasa ingin tahu, ingin berubah, ingin mengenalNya lebih jauh itu luntur. Samar. Tak berbentuk lagi.

Benar memang, ada saat di mana semua semangat itu lambat laun memudar. Terkalahkan dengan hal yang jauh lebih memuaskan hati. Termasuk pandangan manusia dengan apa yang kita lakukan.

Aku tahu susahnya melawan hawa nafsu. Meluruskan niat yang kadang bercabang, berliku, tak pernah melulu lurus. Aku, paham betul rasanya berjuang untuk tetap tegak dalam arus yang berbeda di zaman yang sedang berkembang.

Aku, pernah merasakan ingin kembali—ke masa lalu. Ke masa di mana semua temanku masih berdampingan denganku. Masa sebelum kerudung yang kupakai sepanjang dan selebar ini. Masa di mana aku tak mempedulikan batas auratku yang sesungguhnya. Juga tak mau tahu tentang syari’at yang diwajibkan atas setiap muslimah yang telah beranjak dewasa.

Beruntunglah, manusia bebal sepertiku tidak benar-benar terseret oleh bayang semu tentang indahnya dunia yang tak kekal adanya.

Terlampau bebal memang manusia sepertiku. Diberikan kenikmatan berupa hidup yang meski tak berlebih tapi masih cukup pun tetap saja tak tahu diri.

Apa yang dimintaNya tak aku hiraukan. Apa yang diwajibkannya mana kupedulikan. Allahurabbi, pantaskah aku menginjak bumi yang Kau ciptakan ini?

Hijrah. Bukan tentang seseorang yang berubah lalu menjadi malaikat. Hijrah adalah tentang seorang hamba yang ingin taat.

Hijrah adalah tentang bagaimana merangkak, berjalan lalu akhirnya berlari menuju ridhaNya. Bukan seberapa cepat, tapi seberapa kuat ia bertahan.

Sekali lagi, hijrah itu proses. Bagaimana kita bisa menuju puncak jika kita tak mendaki? Begitu pula, bagaimana kita bisa berjilbab sesuai syariat kalau kita tak memulai?

Tak ada yang perlu diragukan. Orang tua yang tak merestui? Takut jodoh tak ada? Hidupmu terasa jauh tertinggal? Ah, payah. Setiap bahagia butuh perjuangan. Setiap cinta butuh pengorbanan. Anggap saja, hijrahmu ini adalah bukti cintamu pada Rabbmu. Sang pencipta alam.

Aku sangat paham. Tak ada yang bisa merubah seseorang pun, kecuali atas keamauannya sendiri dengan izin Allah.

 “Dan seandainya Tuhanmu (Wahai Muhammad) berkehendak, niscaya seluruh yang ada di bumi ini akan beriman.” Q.S Yunus;99.

Kita sekadar mengingatkan, karena pada dasarnya. Aku pernah berada dalam posisi itu. Tak mau tahu, merasa belum perlu berubah, sok hidup paling lama. Lagi-lagi, kita tak pernah tahu kapan ajal itu datang.

Hijrah memang sulit teman, tapi kau akan tahu lagi bahwa sebenarnya ada yang lebih sulit dari sekadar berubah.

Jika pada masa ‘perubahan’ kau hanya butuh berjalan lambat-lambat. Maka ketika kau menjaga perubahan itu, kau harus memeluknya erat-erat. Agar tak ada satupun dari perubahanmu yang akhirnya lepas satu-satu dan megembalikanmu ke masa lalu.

Ya, hijrah is the most easy at all. But istiqomah is the hardest thing after hijrah. You don’t know? Try it at your life!

Istiqomah adalah bagaimana kau mampu bertahan di tengah cacian yang pasti akan kau dapatkan. Jika pertahananmu kaut, kau tak goyah. Jika sebaliknya? Entahlah.

Berubah itu memang sulit, teman. Tapi kau akan tahu bagaimana sulitnya menjaga “perubahan” itu setelah kau benar-benar berubah:’)

Berubah itu mahal sayang, tapi siapa saja mampu ‘membelinya’ jika benar-benar memiliki tekat.

Kau tak perlu takut untuk berubah sendirian. Sebab amal perbuatanmu juga dihisab masing-masing tak mungkin bergerombol. Bukan benar demikian?

Tak perlu takut melangkah sendiri, sebab di ujung jalan sana akan ada saudari-saudari yang menunggumu dengan sepenuh hati <3

Ketika kau merasa sendiri. Ingatlah. Allah tak akan pernah pergi. Ketika namaNya masih ada dalam dadamu. Dia akan selalu ada:’)

Ah ya, kau tak meminta hidung tak meminta mata, telinga dll yang telah melekat pada tubuhmu. Tapi Allah memberinya,Bukan?

Ketika kau berdo’a. Cepat atau lambat do’a kalian terkabul. Tapi kenapa kita sering lupa? Allah hanya meminta kita *hawa* menutup auratnya? Payah kah?

Allah mewajibkan agar kita menutup aurat secara sempurna. Ah tidak, kita bukan dikekang. Tapi dilindungi. Terlindung dari matamata ‘jahat’ :’)

Semuanya sudah jelas. Tertera pula dalam ayat CintaNya, tapi #tanyadiri kenapa kita masih enggan? Kenapa hijrah terasa berat?

Barangkali tujuan hidup masih belum terarah. Barangkali hati masih enggan untuk mengaku kalah. Ini bukan masalah duniawi saja,sayang---

Hijrahlah dan kau akan mengerti. Bagaimana sulitnya istiqomah setelahnya.
Semoga Allah akhirnya mempermudah jalanku dan juga jalanmu.


Wallahu’alam. 


38 comments:

  1. betul bangett....istiqomah memang susah..banyak godaan dr depan belakang kanan dan kiri...tp harus tetap berusaha istiqomah

    ReplyDelete
  2. Semoga kita selalu istiqomah di jalanNya

    ReplyDelete
  3. Semoga kita selalu istiqomah di jalanNya

    ReplyDelete
  4. Sulit sekali rasanya istiqomah

    ReplyDelete
  5. Izin copas ya ukhti...insyaa Allah jadi semangat teman2 yg sedang menjadi pejuang hijrah seperti saya...

    ReplyDelete
  6. Izin copas ya ukhti...insyaa Allah jadi semangat teman2 yg sedang menjadi pejuang hijrah seperti saya...

    ReplyDelete
  7. Izin copas ya ukhti...insyaa Allah jadi semangat teman2 yg sedang menjadi pejuang hijrah seperti saya...

    ReplyDelete
  8. Subhanallah... afwan numpang promo untuk proses hijrah juga.... yok mampir di BBM 5CCC785B ada jilbab syar`i kaos kaki, manset, handsock,dll ...kebutuhan muslimah ada

    ReplyDelete
  9. Subhanallah... afwan numpang promo untuk proses hijrah juga.... yok mampir di BBM 5CCC785B ada jilbab syar`i kaos kaki, manset, handsock,dll ...kebutuhan muslimah ada

    ReplyDelete
  10. Assalamualaikum izin post ya ukhty

    ReplyDelete
  11. Enter your comment... assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarokatuh. izin copas ya ukh, biar jadi penyemangat Ana dan teman2 yg sedang hijrah ini. mungkin bisa mampir ke IG ana:@ulfaayanaa . jazakillah Khoyron ukh��

    ReplyDelete
  12. luarbiasaa tulisanmu ukhti, izin post ya

    ReplyDelete
  13. Benar ya Alloh, banyak yg berhasil hijrah tapi gagal istiqomah.

    ReplyDelete
  14. istiqomah memang benar" susah, hijrah itu mudah, bertahan untuk tetap istiqomah dalam proses nya itu, Subhanallah susah sekali , aku sedang dalam keadaan seperti ini, aku bingung kemana arahku

    ReplyDelete
  15. Izin ambil beberapa bagian dr kalimat nya ya ukhti....terimakasih

    ReplyDelete
  16. Hidayah itu di jemput bukan di tunggu ukhty

    ReplyDelete
  17. Health Is God is the main finish wellbeing and health site that you may portray as it yours. We made a site that presents the accumulation of wellbeing and way of life data bolstered by solid substance suppliers and certifiable client surveys. This is a true exertion on our part to deliver a client encounter which is drawing in, moving, and intuitive.

    ReplyDelete
  18. Healrun is a health news blog we provide the latest news about health, Drugs and latest Diseases and conditions. We update our users with health tips and health products reviews. If you want to know any information about health or health product (Side Effects & Benefits) Feel Free To ask HealRun Support Team.

    ReplyDelete
  19. Supplements For Fitness the metabolism and can lead to a long-term weight gain.Proactol is a slimming supplement that contains all natural ingredients, whose key active ingredient is Optunia ficus-indica. This element comes from a

    ReplyDelete
  20. Great Post! You Shared Everything About The Topic. Thanks Again! Times For Education - Everyday News Portal Of Education. We Regularly Update Education's News From All Over The Worlds. Our Mission Not Only Provide Education's News But Also People Get Become Educated. Visit also this website: https://timesforeducation.com/

    ReplyDelete
  21. Thanks for providing quality content. this help me alot. keep doing this great work.
    Keto BodyTone

    ReplyDelete
  22. This website has very good content. Thank you for the great article I did enjoyed reading it, I
    health tips "write for us"

    ReplyDelete
  23. The post is written in very a good manner and it entails many useful information for me. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Now you make it easy for me to understand and implement the concept.
    Home Improvement Write for us

    ReplyDelete
  24. useful but it is additionally really creative too. There tend to be not many
    Fitness "write for us"

    ReplyDelete
  25. Thanks totally agree with this article and just want to say that the article was very good and very informative article.I ensure readingHome Decor "Write for us"

    ReplyDelete